Pages

16.7.12

Gowes Wisata Candi: Journey to Plaosan

Gowes Sore Minggu-minggu (GSM) yang akhirnya jadi Night Riding (NR) ketika pulangnya ini kami adakan pada hari Minggu tanggal 8 Juli 2012. Tumben nih goweser bisa nyampe 8 orang. :D Rute berangkat kami pilih menyusuri Selokan Mataram ke arah Timur demi kelayakan kadar udara yang lebih sehat, sedangkan untuk pulangnya mau tidak mau kami harus melalui Jalan Jogja-Solo demi keamanan bersepeda (tidak nyemplung selokan dan dicegat rampok :D) jika harus melalui rute yag sama ketika berangkat.

Opo meneh?
Menurut sumber yogyes, Candi Plaosan adalah sebuah candi yang dibangun oleh Rakai Pikatan untuk permaisurinya, Pramudyawardani. Terletak di Dusun Bugisan Kecamatan Prambanan, arsitektur candi ini merupakan perpaduan Hindu dan Budha.

Kompleks Plaosan dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul. Kedua candi itu memiliki teras berbentuk segi empat yang dikelilingi oleh dinding, tempat semedi berbentuk gardu di bagian barat serta stupa di sisi lainnya. Karena kesamaan itu, maka kenampakan Candi Plaosan Lor dan Kidul hampir serupa jika dilihat dari jauh sehingga sampai sekarang Candi Plaosan juga sering disebut candi kembar.

Rute Gowes Candi Plaosan - Pringwulung

Tujuan Gowes: Candi Plaosan Lor













-: Untuk foto candinya kok ga ada?
+: Harap maklum para pembaca, kamera yang kami gunakan tidak support untuk night view sih. nabung sik gek tumbas DSLR.. (mending nggo tuku pit meneh sihh) :D

Kalo begitu kami pinjam saja foto dari yogyes untuk foto-foto candinya:

Galeri Foto CANDI PLAOSAN

Klik gambar untuk memperbesar

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites